Askep Asuhan Keperawatan : Definisi dan Tujuan

askep

Apa itu askep atau asuhan keperawatan ?  Dalam artikel kali ini akan dibahas sedikit mengenai pengertian tentang askep. Askep atau Asuhan Keperawatan adalah suatu proses atau tahap tahap kegiatan dalam praktik  keperawatan yang diberikan langsung kepada pasien dalam berbagai tatanan pelayanan  kesehatan. Askep atau asuhan keperawatan ini dalam pelaksanaannya didasarkan pada kaidah-kaidah keperawatan sebagai suatu profesi yang berdasarkan ilmu dan kiat keperawatan,bersifat humanistic,dan berdasarkan pada kebutuhan objektif pasien untuk mengatasi masalah yang dihadapi pasien.

Tahapan dalam keperawatan sendiri merupakan metode askep atau asuhan keperawatan yang ilmiah,sistematis,dinamis,dan terus- menerus serta berkesinambungan dalam rangka pemecahan masalah kesehatan pasien. Askep atau asuhan keperawatan ini di mulai dengan adanya tahapan pengkajian (pengumpulan data,analisis data,dan penentuan masalah) diagnosis keperawatan, pelaksanaan, dan penilaian tindakan keperawatan. Asuhan keperawatan atau askep tersebut dapat dilakukan atau diberi kepada pasien dalam rangka memenuhi kebutuhan pasien. Kebutuhan pasien tersebut didasarkan pada 5 kebutuhan dasar manusia yaitu kebutuhan fisiologis meliputi oksigen,cairan,nutrisi, kebutuhan rasa aman dan perlindungan,kebutuhan rasa cinta dan saling memiliki,kebutuhan akan harga diri dan kebutuhan aktualisasi diri.

Jadi bisa ditarik kesimpulan jika askep atau asuhan keperawatan juga adalah seluruh tahapan proses keperawatan kepada pasien secara berkesinambungan dengan kiat-kiat keperawatan dimana tahapan proses tersebut mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi dalam usaha memperbaiki derajat kesehatan yang optimal.

Tujuan Askep atau asuhan keperawatan

Adapun tujuan dalam pemberian asuhan keperawatan antara lain
- Membantu individu agar bisa mandiri
- Mengajak individu agar bisa berpartisipasi khususnya dalam bidang kesehatan.
- Membantu individu mengembangkan potensi untuk memelihara kesehatan secara optimal.
- Membantu Individu agar tidak tergantung pada orang lain dalam memelihara kesehatannya.
- Membantu individu memperoleh derajat kesehatan yang optimal.