Kerjasama BPJS dengan Bank



Untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap para peserta layanan BPJS maka Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan saat ini telah menjalin kerjasama dengan tiga bank pemerintah, yaitu Bank Mandiri, BNI, dan BRI. Sehingga kini untuk melakukan pendaftaran kepesertaan BPJS, masyarakat dapat melakukan pendaftaran pada 3 kantor cabang bank pemerintah tersebut.  Jadi BPJS mempermudah akses pendaftaran selain melalui kantor cabang BPJS Kesehatan dan online masyarakat juga dapat mendaftar pada Bank Mandiri, BNI, dan BRI baik secara individu maupun badan usahanya.

Kerjasama BPJS dengan Bank Mandiri, BNI, dan BRI tersebut untuk meminimalkan penumpukan pendaftaran di kantor cabang BPJS Kesehatan. Para peserta juga bisa melakukan pembayaran iuran bulanan BPJS Kesehatan dengan menggunakan Virtual Account secara manual melalui teller. Iuran kepesertaan BPJS Kesehatan juga bisa dibayarkan dengan sistem auto debet, ATM, internet banking, mobile banking, dan EDC. Dengan memanfaatkan layanan cash management yang dimiliki oleh pihat bank maka kantor cabang BPJS Kesehatan semakin mudah membayar klaim yang diajukan oleh fasilitas kesehatan tanpa perlu menunggu pengucuran dana dari kantor BPJS pusat.

Selain itu kerjasama tersebut juga akan memanfaatkan layanan cash pooling system yang bisa dipakai untuk pengumpulan dana secara terpusat dengan demikian maka dana bisa dioptimalkan untuk pembayaran klaim dan investasi. Sedangkan yang berhubungan dengan laporan pengelolaan iuran BPJS Kesehatan, juga bisa dilakukan melalui sarana perbankan, sehingga memiliki data yang jelas dan transparan.

Baik bank Mandiri, BRI, dan BNI diharapkan bisa sebagai perpanjangan tangan BPJS yang berfungsi untuk penyebaran informasi bagi masyarakat tentang kegunaan terdaftar dalam program JKN.