Mengenal Standar JCI Rumah Sakit


Standar JCI Rumah Sakit - Standar akreditasi internasional JCI yang adalah singkatan dari Joint Commission International merupakan standard yang dibuat agar pelayanan kesehatan rumah sakit berfokus kepada pasien dan diterapkan sesuai dengan budaya setempat untuk peningkatan mutu pelayanan secara berkesinambungan. Standar disini dimaksudkan sebagai suatu tingkat kualitas pelayanan kesehatan dan keselamatan pasien yang diharapkan.

Pencapaian Standar JCI Rumah Sakit tersebut diharapkan dimulai dari input yaitu berupa sumber daya yang ada di rumah sakit meliputi staff yang kompeten dan fasilitas yang memadai. Dengan adanya input yang baik diharapkan mampu menciptakan proses layanan yang baik pula. Pada proses pelayanan berupa kegiatan pelayanan rumah sakit  dilakukan sesuai SOP(standard operational procedure) dan Guidelines. Adanya SDM, fasilitas dan proses yang baik maka hasil atau output dimungkinkan baik. Output tersebut harus selalu dipantau dan diukur dengan indicator-indikator capaian layanan.

Elemen Penilaian pada Standar JCI Rumah Sakit

Standar JCI memiliki 2 Bagian yang terdiri dari 12 bab yang mencakup lebih dari 300 standar dan 1000 elemen penilaian. Bagian pertama adalah Standar yang berfokus pada pasien yang meliputi 8 bab antara lain International Patient Safety Goals (IPSG) terdiri dari 6 standar, Access to Care and Continuity of Care (ACC) terdiri dari 6 standar 23, Patient and Family Rights (PFR) terdiri dari 30 standar, Assessment of Patients (AOP) terdiri dari 44 Standar JCI Rumah Sakit, Care of Patients (COP) terdiri dari 22 standar, Anesthesia and Surgical Care (ASC) terdiri dari 14 standar, Medication Management and Use (MMU) terdiri dari 21 standar dan Patient and Family Education (PFE) terdiri dari 7 standar.
Pada bagian kedua merupakan standard manajemen organisasi kesehatan. Standard ini mencakup mengenai Quality Improvement and Patient Safety (QPS), Prevention and Control of Infections (PCI), Governance, Leadership and Direction (GLD), Facility Management and Safety (FMS), Staff Qualifications and Educations (SQE) dan Management of Communication and Information (MCI).
Proses evaluasi JCI biasanya akan berlangsung selama 5 hari. Kegiatan ini meliputi Dokumen Review (2 jam), Telusur individu (Patient Tracers), Telusur sistem (System Tracers). Patient tracer atau telusur individu merupakan Metode  evaluasi untuk memeriksa kinerja rumah sakit secara efektif yang tercermin dalam pengalaman pasien saat dirawat di rumah sakit. Selain itu akan dilakukan peninjauan Fasilitas fisik, Keamanan, Peralatan medis atau non-medis, sampah kimia yang berbahaya, Penanggulangan bahaya kebakaran, Sistem utilitas,Keselamatan pasien dan pengunjung, dan Infection control. Demikian sekilas pengenalan Standar JCI Rumah Sakit.