Pelatihan Keterampilan Dasar Perawat Kamar Bedah

Pelatihan keterampilan dasar bagi perawat kamar bedah Perkembangan IPTEK kedokteran sangat cepat, khususnya dibidang bedah dalam upaya memberikan pelayanan yang berkualitas. Kondisi ini tentu saja memaksa kita untuk selalu menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam bidang yang kita geluti sehari-hari. Demikian pula halnya dengan tenaga professional, mereka harus terdidik, terlatih dalam sistem yang tertata baik, terakreditasi dan memenuhi standar kompetensi keperawatan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Salah satu organisasi profesi yang senantiasa memberikan pelatihan sekaligus melakukan uji kompetensi bagi perawatan kamar bedah adalah Himpunan Perawat Kamar Bedah Indonesia. Pada usianya yang memasuki satu dasawarsa HIPKABI telah menyelenggarakan berbagai pelatihan bagi perawat kamar bedah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan wawasan, kemampuan serta kesiapan dalam memasuki pasar bebeas ASEAN, khususnya perawat yang terlibat langsung terhadap pelayanan di kamar bedah.

Pelatihan Perawat Bedah

HIPKABI mengundang seluruh sejawat di seluruh Indonesia untuk  turut berperan aktif dalam Pelatihan keterampilan dasar bagi perawat kamar bedah, sehingga melalui kegiatan pelatihan ini dapat bertukar pikiran serta pengalaman yang dapat meningkatkan kualitas sekaligus peluang bagi perawat, seiring perubahan paradigm rumah sakit dan tuntutan masyarakat luas deewasa ini.
Materai pelatihan perawat bedah yang diadakan oleh HIPKABI ini meliputi :
1.    Konsep Keperawatan Profesional Bagi PerawatKamar bedah.
2.    Sejarah kamar bedah
3.    Konsep dan teori Caring
4.    Etika Kerja aspek legal di kamar bedah
5.    Job Description Perawat kamar bedah
6.    Konsep dasar kamar bedah
7.    Teknik A dan antiseptic di kamar bedah
8.    Perioperatif care di kamar beedah
9.    Prinsip pencegahan infeksi di kamar bedah
10.    Insisi area operasi
11.    Sterilisasi
12.    Pengiriman dan pemeriksaan jaringan
13.    SMK6 di kamar bedah
14.    Masker, topi dan pakaian dasar kamar bedah dn prinsip teknik steril
15.    Teknik cuci tangan bedah
16.    Teknk memakai sarung tangan
17.    Teknik memakai jas operasi
18.    Teknik penutupan luka operasi
19.    Permasalahan patient safety di kamar bedah
20.    Posisi pasien di meja operasi
21.    Pencukuran daerah operasi
22.    Teknik aseptic area operasi

Kepesertaan dalam mengikuti pelatihan perawat kamar bedah ini adalah diprioritaskan bagi perawat yang telah bekerja dikamar bedah minimal 3 tahun. Informasi lengkap mengenai kegiatan ini dapat diperoleh di sekertariat PD HIPKABI Yogyakarta RSUP Dr Sardjito Yogyakarta.