Penanganan Critical ill Pada Pasien Anak


Critical ill pada anak merupakan suatu penyakit dengan morbiditas dan mortalitas tinggi sehingga memerlukan penanganan khusus termasuk penatalaksanaan diitnya. Proses asuhan gisi terstandar (PAGT) atau nutrition care process (NCP) pasien kritis (critical ill) pada pasien anak merupakan salah satu pelayanan gizi yang membutuhkan ketepatan dalam pengkajian, perencanaan, pelaksanaan pemenuhan gizi dan monitoring evaluasi. Pemberian zat gisi yang tepat pada pasien kritis akan meningkatkan kualitas hidup, mencegah malnutrisi serta menurunkan morbiditas dan mortalitas.

Salah satu faktor penentu tumbuh kembang anak secara optimal adalah pemberian nutrisi. Nutrisi yang adekuat dibutuhkan oleh setiap anak. Pertumbuhan yang adekuat merupakan indikotar penting dari status gizi anak. Dukungan nutrisi merupakan bagian penting dalam perawatan anak sakit berat (critical ill). Setiap anak mengalami stress metabolik sebanding dengan beratnya penyakit. Apabila tidak mendapat penanganan yang tepat dapat berakibat buruk, terutama karena kemampuan metabolisme yang terbatas dan kebutuhan pertumbuhan anak yang cepat.

Pemahaman tentang kondisi psikis dan psikologi klinik anaka merupakan faktor penting bagi dietisen yang dapat menunjang keberhasilan pemberian nutrisi pasien kritis pada anak. Pemberian nutrisi citical ill pada pasien anaka harus melibatkan banyak sisi baik dari segi medis maupun psikologis klinis sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan dietisien.

Penanganan Critical ill secara komprehensif ditinjau dari segi medis, nutrisi dan psikologi klinis pada pasien anak

AsDI DPC Surakarta sebagai wadah profesi dalam upaya meningkatkan profesionalisme dan mengembangkan kualitas dietisien di rumah sakit perlu mengadakan pelatihan dengan tema penanganan critical ill secara komprehensif ditinjau dari segi medis, nutrisi dan psikologi klinis pada pasien anak tahun 2015. Tujuan dalam pelatihan skala nasional ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman dietisen tentang patofisologi, metabolisme, imunologi dan psikologi klinis pada penyakit critical ill pada anak. Diharapkan dengan pelatihan ini maka akan meningkatkan kompetensi dietisen dalam terapi nutrisi penyakit critical ill pada pasien anak. Tidak kalah pentingnya adalah peningkatan keterampilan tentang peranan kuliner dalam terapi nutrisi pasien anak dan pelaksanaan nutrition care proses (NCP) kasus critical ill pada pasien anak.