Pelatihan Service Excellence Bagi Frontliner di Rumah Sakit


Pelatihan frontliner di rumah sakit - Saat datang ke sebuah rumah sakit yang kita harapkan adalah kita mendapatkan pelayanan yang nyaman, ramah dan cekatan. Mulai dari senyum petugas parkir, sapaan hangat dari tenaga keamanan/ satpam di pintu depan, ditambah lagi sambutan ramah dari petugas resepsionis/pendaftaraan. Hal-hal tersebut membuat “image” sebuah rumah sakit terkesan sangat baik mendahului dari image kinerja pelayanan klinis rumah sakit itu.
 
Begitu pentingnya peran frontliner sehingga citra rumah sakit sering menjadi buruk hanya karena pelayanan yang tidak sesuai dengan harapan customer. Karena bukan middle up management yang pertama kali bersentuhan dengan customer melainkan para frontliner inilah yang akan member kesan pertama pada customer.

Mengabaikan proses pendidikan terhadap para frontliner sama saja mengabaikan pentingnya citra rumah sakit dimata customer.

Saat ini rumah sakit berada dalam iklim persaingan yang sangat ketat. Masyarakat sebagai pelanggan berada dalam posisi yang lebih kuat karena semakin banyak pilihan rumah sakit yang dapat melayaninya. Pada saat yang bersamaan, masyarakat juga semakin kritis terhadap pelayanan kesehatan. Dalam konsisi seperti ini agar tetap dapat eksis dalam melayani pelanggannya maka rumah sakit harus memiliki sumber daya manusia yang berkualitas.

Salah satu aspek dalam pelayanan berkualitas adalah kemauan dan kemampuan dalam memberikan pelayanan yang prima. Oleh karena itu diperlukan paradigma dan sikap mental yang berorientasi melayani serta pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam melaksanakan pelayanan prima tersebut.

Disamping itu meningkatkan mutu pelayanan melalui penciptaan dan penetapan standar pelayanan rumah sakit menjadi bagian penting dalam akreditasi, pelayanan yang prima yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan harapan customer sangat dibutuhkan. Kemampuan frontliner dalam memberikan pelayanan terhadap customer sangat menentukan terhadap keberhasilan akreditasi rumah sakit.

Untuk menunjang kemampuan frontliner maka penting mengikuti pelatihan terkait penigkatan kemampuan para frontliner salah satunya adalah pelatihan service excellence bagi frontliner di rumah sakit. Pelatihan frontliner  ini akan membantu para frontliner dalam hal :
1.    Memahami fungsi dan peran serta tugas utama seorang frontliner sesuai dengan visi dan misi rumah sakit
2.    Memiliki kemampuan yang mumpuni dalam melaksanakan tugas seorang frontliner professional
3.    Menguasai teknik dalam berkomunikasi dan sikap tubuh yang mampu membangun citra diri professional
4.    Memiliki kemampuan dalam mengelola tata cara menyambut dan menempatkan tamu VIP
5.    Meningkatkan performance dengan dressing image
6.    Memiliki kemampuan dan etika dalam berkomunikasi baik langsung maupun via telepon
7.    Memiliki kecakapan dalam cortesy, khususnya bagaimana sikap serta sopan santun yang mampu menjadi pemanis dalam meningkatkan human relation dengan customer
8.    Memiliki kecakapan untuk menghandle complain

Pelatihan Frontliner ini akan menghadirkan nara sumber dan pakar pakar yang telah sangat berpengalaman dalam bidang interpersonal communication and development personality. Pelatihan bagi frontliner ini akan dilaksanakan pada 31 Juli-1 Agustus 2015 bertempat di Hotel Merapi Merbabu Yogyakarta JL. Raya Seturan. Bagi yang berminat mengikuti pelatihan service excellence bagi frontliner di rumah sakit dibuka pendaftaran sampai dengan 28 Juli 2015 dengan SMS no. 081213236988 (eko) dan 081329705510 (arif).