INASIS Sistem Baru BPJS Kesehatan

INASIS atau INA CBG`s - SEP Integrated System merupakan system aplikasi yang telah dikembangkan oleh BPJS Kesehatan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada para peserta BPJS Kesehatan. Banyaknya permasalahan dalam pelaksanaan system Jaminan kesehatan BPJS memang masih dirasakan saat ini. Salah satu permasalahan adalah lambatnya proses pengajuan klaim oleh sejumlah rumah sakit. Hal tersebut terjadi karena saat ini BPJS Kesehatan masih masih memakai 4 sistem yang berlainan yaitu SEP, SIMRS, INA-CBG dan verifikasi klaim.

Dengan diluncurkannya INA CBG's-SEP Integrated System (INASIS) diharapkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dapat menjadi solusi atas lambatnya proses pengajuan klaim di sejumlah rumah sakit. Aplikasi INASIS mempunyai aneka fitur dan manfaat seperti mempercepat proses pendaftaran pasien, proses klaim dan juga dapat mencegah re-admisi pasien rawat inap.

Melalui sistem INASIS tersebut pihak rumah sakit juga bisa melakukan E-Claim, yaitu proses pengajuan klaim tanpa harus transfer klaim. Aplikasi INASIS ini telah diujicoba di RSUP Persahabatan beberapa saat yang lalu, dan cukup baik hasilnya. Keunggulan INASIS lainnya yaitu penerbitan Surat Eligibilitas Peserta bisa menjadi lebih cepat sehingga bisa mengurangi waktu antrean.

Vukan hanya itu saja di sisi  proses penagihan klaim dari rumah sakit kepada BPJS Kesehatan juga lebih cepat karena pengiriman file sudah tidak dilakukan secara manual. Semuanya, terintegrasi langsung melalui INASIS. Pihak rumah sakit juga sudah bisa mengetahui status tagihan mereka secara real time sampai klaim dibayarkan oleh BPJS Kesehatan.

Akurasi data bisa dipertanggungjawabkan dengan adanya integrasi SIM RS dengan aplikasi INASIS dan dapat mencegah timbuknya double claim pada penyerahan data secara manual antar aplikasi. Double claim tersebut bisa terjadi karena human error dan juga karena faktor sengaja dilakukan pihak-pihak yang tidak bertanggunga jawab. Sistem INASIS ini dapat menghindari hal tersebut.