Pelatihan Asuhan Gizi dan Dietetik 2015

Pelatihan Asuhan Gizi dan Dietetik - Kesehatan merupakan masalah sosial, ekonomi, politik dan hak asasi manusia yang paling berharga. Kesenjangan, kemiskinan, eksploitasi, kekerasan, ketidak adilan merupakan akar dari timbulnya masalah-masalah yang berhubungan dengan gizi dan kesehatan. Ketidak tersedianya bahan pangan dan pelayanan kesehatan menjadi masalah mendasar terwujudnya kurang gizi di masyarakat kita.

Peran gizi dalam menjamin  kelangsungan hidup manusia sangat besar dan mempunyai jangkauan yang sangat besar dan luas. Di mulai dari awal kehidupan manusia dalam kandungan hingga manusia menjadi tua dan menjelang kematian gizi mempunyai andil yang sangat besar dalam menjaga kelangsungan hidupnya.

Upaya menjamin kualitas gizi dan kesehatan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, produktif dan mandiri bagi seluruh masyarakat indonesia hendaklah perlu dicanangkan hidup dengan kondisi gizi dan kesehatan yang baik. Proses asuhan gizi yang baik dan benar menjadi fokus yang harus diperhatikan bagi seluruh masyarakat dengan kondisi apapun tidak terkecuali masyarakat rumah sakit yang pada umumnya menderita penyakit tertentu.

Semakin berkembangnya praktek ilmu kedokteran dan ilmu gizi saat ini maka semakin selektif pasien dalam memilih pelayanan kesehatan yang ditawarkan rumah sakit. Dengan dikeluarkannya UU no.8 tahun1999 tentang hak perlindungan konsumen maka semakin tinggi pula tuntutan terhadap mutu pelayanan di rumah sakit, demikian pula dengan pelayanan atau asuhan gizi rumah sakit.

Pelayanan gizi yang baik dan benar tidak saja mempu memenuhi harapan terhadap peningkatan mutu layanan tetapi juga dapat menjamin kecukupan asupan makanan, meningkatkan sistem pertahanan tubuh sehingga komplikasi dan infeksi dapat dicegah atau dikurangi serta lama waktu penyembuhan dapat dipersingkat.

Dalam menghadapi tuntutan dan tantangan masyarakat tersebut Asisoasi Dietisien Indonesia (AsDI) khususnya Dietisien di rumah sakit harus berani mempersiapkan diri untuk lebih maju sejalan dengan disiplin ilimu-ilmu kesehatan lainnya. Meningkatnya penelitian-penelitian di bidang kesehatan dan gizi dewasa ini menunjukkan respon yang sangat tinggi terhadap perkembangan dan kemampuan di bidang tersebut. 

Dalam rangka deseminasi hasil penelitian serta kajian Nutrition based evidence baik dibidang asuhan gizi dan penyelenggaraan makanan maka diharapkan seluruh praktisi dietisien dan nutrisionis di Indonesia untuk hdair dalam acara PAGD III di Jakarta. Pelatihan Asuhan Gizi dan Dietetik ini akan berlangsung tanggal 21-24 Oktoner 2015 bertempat di Hotel Mercure Convention Centre Ancol Jl. Baycity Pantai Indah jakarta. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Diah Maunah 08561603342 dan Diah Nurhayati 081235558525.