Pertemuan Ilmiah Perawat Manajer Indonesia (HPMI) 2015

Pertemuan ilmiah tahunan himpunan perawat manajer indonesia (HPMI) tahun 2015 - Implementasi masyarakat ekonomi asean (MEA) pada tahun 2015 merupakan peluang sekaligus tantangan bagi Indonesia. MEA membuka arus tenaga kerja keahlian, tidak hanya pada sektor industri namun juga di sektor kesehatan salah satunya tenaga perawat. Undang-Undang nomor 38 tahun 2014 tentang keperawatan juga mengatur tentang perawat warga negara asing (WNA) untuk bekerja di Indonesia. Kondisi ini membuka peluang bagi perawat Indonesia untuk meningkatkan pelayanan agar mampu berkompetisi dengan perawat ASEAN lain.

Pertumbuhan rumah sakit di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat dengan status kepemilikan pemerintah dan swasta. Selain itu pemberlakuan jaminan kesehatan nasional (JKN) sesuai dengan roadmap menuju kesehatan semesta atau universal Health Coverage (UHC) di yahun 2019, dimana seluruh penduduk menjadi peserta jaminan kesehatan nasional (JKN). Komunitas keperawatan dunia melalui International Council of nursing (ICN) menyikapi trend pembiayaan kesehatan yang ada dengan berkomitmen tentang nilai-nilai keperawatanuntuk mencapai pelayanan yang "care effective, cost effective" yaitu sebagai berikut :
1. Melaksanakan intervensi keperawatan yang efektif cara dan biaya.
2. Miningkatkan pemanfaatan teknologi oleh perawat untuk memberikan perawatan yang efektif biaya,
3. Meningkatkan efektifitas peran perawat dalam mengembangkan kesehatan komunitas.
4.Meningkatkan efektifitas perawat melalui komposisi ketenagaan perawat (skill mix) dan peningkatan level pendidikan perawat.

Kondisi tersebut di atas menyebabkan semakin tingginya tuntutan masyarakat untuk memperoleh pelayanan keperawatan yang berkualitas, efektif dan efisien. Sebagai upaya mendukung dan bersinergi terhadap komitmen dunia tersebut, perawat manjaer Indonesia melalui himpunan perawat manajer Indonesia (HPMI) berespon mengadakan pertemuan ilmiah tahunan ke-2 dengan tema "Peran perawat manajer menuju pelayanan keperawatan care effective dan cost effective"

Pertemuan ilmiah tahunan manajer ini akan berisi kegiatan seminar dan workshop disertai pemaparan hasil-hasil riset tentang manajemen pelayanan keperawatan untuk memperkuat fungsi dan peran perawat manajer di pelayanan keperawatan. Diharapkan melalui pertemuan ini para perawat manajer dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan manajerialnya dalam mengelola pelayanan keperawatan yang kompetitif, berkualitas, efektif dan efisien sesuai perkembanfgan trend globalisasi.

Pertemuan ilmiah tahunan himpunan perawat manajer indonesia (HPMI) tahun 2015 ini akan diselenggarakan pada tanggal 5-7 November 2015 di HARRIS Hotel & Conventions Malang Jl. A.Yani Utara Riverside Block C-1 Malang 65126. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi: Euis Komala 081212643064, Yanis 085707336910.