Permenkes No.63 Tahun 2014 tentang Pengadaan Obat E-Katalog

Pengadaan secara elektronik atau E-Procurement diatur dalam Permenkes No.63 Tahun 2014. Pengadaan secara elektronik atau E-Procurement merupakan pengadaan barang/jasa yang dilaksanakan dengan menggunakan teknologi informasi dan transaksi elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Kemajuan teknologi informasi lebih mempermudah dan mempercepat proses pengadaan barang/jasa,
karena penyedia barang/jasa tidak perlu lagi datang ke Kantor Kelompok Kerja Unit Layanan Pengadaan (Pokja ULP) untuk melihat, mendaftar dan mengikuti proses pelelangan, tetapi cukup melakukannya secara online pada website pelelangan elektronik.

Penerapan e-Procurement bertujuan untuk:
1. meningkatkan transparansi/keterbukaan dalam proses pengadaan barang/jasa;
2. meningkatkan persaingan yang sehat dalam rangka penyediaan pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan yang baik;
3. meningkatkan efektifitas dan efesiensi dalam pengelolaan proses pengadaan barang/jasa.

Pengadaan barang/jasa secara elektronik atau E-Procurement dapat dilakukan dengan E-Tendering atau E-Purchasing. E-Tendering merupakan tata cara pemilihan penyedia barang/jasa yang dilakukan secara terbuka dan dapat diikuti oleh semua penyedia barang/jasa yang terdaftar pada sistem elektronik. Prinsip pemilihan penyedia barang/jasa secara elektronik sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan
Presiden Nomor 70 Tahun 2012, yaitu efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil/tidak diskriminatif dan akuntabel.

Dalam rangka meningkatkan efektifitas, efisiensi dan transparansi dalam proses pengadaan obat program
Jaminan Kesehatan Nasional dan obat program lainnya pada satuan kerja di bidang kesehatan baik pusat
maupun daerah, dan Fasilitas Kesehatan baik pemerintah maupun swasta, telah tersedia katalog obat
yang dapat diakses di Portal Pengadaan Nasional melalui Website www.inaproc.lkpp.go.id.

link permenkes 63 tahun 2014 bisa di Unduh di link berikut : Permenkes No.63 Tahun 2014.PDF tentang  Pengadaan obat berdasarkan katalog elektronik (e-catalogue)