Workshop SNARS Edisi 1 November 2018 di Yogaykarta

Sejalan dengan peningkatan tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang berfokus pada pasien, maka mulai tahun 2012 telah dilakukan perubahan paradigma baru akreditasi yang mengacu kepada standar akreditasi dari joint commission international (JCI).

Rumah sakit sebagai institusi kesehatan perlu terus meningkatkan  mutu layanan dan keselamatan pasien secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

Dalam rangka meningkatkan mutu layanan, rumah sakit wajib diakreditasi secara berkala minimal 3 tahun sekali, sesuai dengan undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit.

Standar nasional akreditasi rumah sakit edisi 1 (SNARS edisi 1) merupakan srtandar akreditasi rumah sakit yang mulai dipergunakan pada tahun 2018. SNARS edisi 1 meliputi sasaran keselamatan pasien, standar pelayanan berfokus pasien, standar manajemen rumah sakit, program nasional dan integrasi pendidikan kesehatan dalam pelayanan di rumah sakit.



Sehubungan dengan hal  tersebut PERSI cabang DIY bekerjasama dengan KARS (komisi Akreditasi Rumah Sakit) akan mengadakan “Workshop Standar Nasional Akreditasi rumah sakit edisi 1" tahun 2018 dengan harapan dapat sebagai acuan dalam meningkatkan mutu dan keselamatan pasien sesuai dengan standar akreditasi.

Tujuan dari Workshop SNARS edisi 1 tahun 2018 adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman bagi tenaga kesehatan di rumah sakit tentang standar akreditasi rumah sakit edisi 1. Selain itu meningkatkan implementasi oleh rumah sakit terhadap SNARS edisi 1 dan juga mempersiapkan rumah sakit meningkatkan mutu dan keselamatan pasien sesuai SNARS edisi 1..

Topik yang akan disampaikan pada Workshop Standar Nasional Akreditasi rumah sakit edisi 1 ini adalah sebagai berikut:
1. Kiat dan strategi rumahs akit dalam menghadapi penerapan SNARS edisi 1.
2. Skenario menghadapi survey akreditasi dengan SNARS edisi 1.
3. Pelaksanaan survey akreditasi rumah sakit dengan memakai SNARS edisi 1
4. peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP)
5. Manajemen fasilitas dan keselamatan (MFK)
6. Asesmen pasien (AP)
7. Akses RS dan kontinuitas pelayanan (ARK)
8. manajemen komunikasi dan edukasi (MKE)
9. Sasaran keselamatan pasien (SKP)
10. Pelayanan kefarmasian dan penggunaan obat (PKPO)
11. Tata kelola rumah sakit (TKRS)
12. Pelayanan asuhan psien (PAP)
13. Program Nasional (PONEK, HIV, AIDS,TB dan geriatric)
14. Manajemen informasi dan rekam medis (MIRM)
15. Hak pasien dan keluarga (HPK)
16. Kompensasi dan kewenangan staf-PPPE (KKS)
17. Pelayann  anestaesi dan bedah
18. Pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI)
19. Program nasional (Pengendalian resistensi antibiotika-PRA)
20. Integrasi pendidikan kesehatan dalam pelayanan rumah sakit (IPKPRS)

Pelaksanaan Workshop Standar Nasional Akreditasi rumah sakit edisi 1 ini akan diselenggaran di Royal Ambarukmo Yogyakarta pada tanggal 6-7 november 2018. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi cp Era Widyastuti telp.0813 3090 3380 dan Agatha telp. 0813 2992 9843. Demikian informasi workshop SNARS Edisi 1 November 2018 di Yogaykarta, semoga bermanfaat