Pelatihan Manajemen Rumah Sakit di Solo 2019

Diera JKN ini, Rumah sakit dituntut mengendalikan mutu layanan sekaligus mengendalikan biaya. Rumah sakit dihadapkan pada tuntutan keselamatan pasien, tetapi disaat yang sama harus mampu menjamin tercapainya kinerja, termasuk di dalamnya efisiensi biaya dalam implementasi sistem pembiayaan berbasis asuransi.


Untuk menjamin likuiditas, kelangsungan pelayanan dan kemampuan kompetitif, manajemen rumah sakit harus mampu melakukan perhitungan dan analisis biaya akurat dengan dukungan sistem akutansi biaya yang memadai, sehingga dapat diperoleh informasi biaya sebagai alat pengendalian, perencanaan, dan pengambilan keputusan ekonomi. Manajemen rumah sakit di era ini tidak lagi fokus pada perhitungan unit cost untuk dasar kebijakan tarif, tetapi harus mampu menganalisis biaya dan pendapatan setiap diagnosa kemudian menentukan kebijakan agar tidak terjadi inefisiensi dan kerugian.

Clinical pathway dan sistem akuntansi biaya ibarat dua sisi mata uang dalam implementasi JKN, tetapi masih banyak pengelola/manajemen rumah sakit yang kesulitan dalam implementasinya, disebabkan oleh pemahaman konsep biaya yang keliru dalam terbangunnya budaya akuntansi biaya pelayanan medis yang baik, disamping kurangnya kemampuan sumberdaya manusia dalam teknis perhitungan.

Pelatihan ini dikemas dan disampaikan dengan cara yang mudah oleh praktisi akuntansi yang mendalami manajemen keuangan pelayanan rumah sakit. Meskipun latar belakang peserta bukan dari profesi akuntansi dan keuangan, peserta akan dibimbing bagaimana menghitung, menganalisis dan merencanakan biaya pelayanan di rumah sakit secara mudah dan praktis.

Manajemen rumah sakit sangat perlu memiliki pengetahuan dan kompetensi tentang ini, untuk itu PP persi akan menyelenggarakan Pelatihan Kemampuan Menganalisis komponen biaya rumah sakit untuk tujuan pengendalian dan pengambilan keputusan ekonomi.

Tujuan dari pelatihan emampuan Menganalisis komponen biaya rumah sakit untuk tujuan pengendalaian dan pengambilan keputusan ekonomi yang akan diadakan dikota Solo ini adalah untuk meningkatkan kemampuan manajemen rumah sakit dalam mengaplikasikan berbagai teknik ekonomi dalam menganalisis informasi biaya pelayanan untuk tujuan pengambilan keputusan ekonomi dalam rangka peningkatan mutu dan keberlangsungan pelayanan serta kinerja keuangan.

Pelatihan kemampuan Menganalisis komponen biaya rumah sakit untuk tujuan pengendalaian dan pengambilan keputusan ekonomi akan diadakan pada tanggal 11-13 November 2019 di Solo Paragon Hotel Jl.dr. Sutomo dengan nara sumber antara lain dr. Bambang wibowo, dr. Kuntjoro Adi Purjanto, drs.Widartoyo dan dr.Ediansyah.

Pendaftaran peserta pelatihan kemampuan Menganalisis komponen biaya rumah sakit untuk tujuan pengendalaian dan pengambilan keputusan ekonomi dibuka pada tanggal 10 Oktober-9 November 2019 untuk informasi lengkap dapat menghubungi 082135930006 (Lea), 081285111150 (Winarno)