Bridging Sistem BPJS Kesehatan




BPJS kesehatan telah mengembangkan fasilitas IT berupa bridging sistem dimana dengan adanya bridging system BPJS ini proses verifikasi dan pembayaran klaim rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan menjadi lebih cepat. Bridging sistem ini mengabungkan dua sistem yang berlainan pada saat yang sama sehingga mampu menjalankan dua proses tanpa intervensi satu sistem pada sistem lainnya secara langsung.

Pengembangan sistem ini merupakan upaya yang dilakukan oleh BPJS kesehatan dalam rangka meningkatkan mutu layanan kepada peserta maupun kepada fasilitas kesehatan. Peningkatan efektivitas entry data processing serta efisiensi penggunaan sumber daya dengan tetap menjaga keamanan dan kerahasiaan masing-masing sistem, namun bersifat transparan. Selain itu, bridging system diharapkan dapat meningkatkan kecepatan dalam proses pengelolaan klaim, piutang, maupun verifikasi.

Keuntungan yang didapat dalam pengembangan bridging system bagi peserta BPJS Kesehatan dapat mempercepat proses antrian hal ini disebabkan registrasi peserta hanya pada sistem rumah sakit. Sehingga peserta BPJS Kesehatan dapat lebih cepat memperoleh pelayanan kesehatan. Selain itu mampu menghemat SDM dan sarana-prasarana, perekaman data pelayanan kesehatan dan proses pengajuan klaim menjadi lebih cepat.

Dengan diaplikasikannya bridging system BPJS Kesehatan maka akurasi data peserta, proses verifikasi dan pembayaran klaim akan lebih cepat. Sehingga ada peningkatan kecepatan pengolahan data dan informasi layanan, juga ada transparansi pembiayaan karena perekaman data pada setiap sistem sama. [source:bpjs-kesehatan.go.id]