Pelatihan Data Management Medical Research 2015


Pelatihan bulan Mei 2015 Data management in medical research : From designing data collection tool to analyzing your dataManajemen data merupakan serangkaian proses yang dimulai dari mendesain alat koleksi data, mengumpulkan data, mengembangkan data base, melakukan entry dan meriview data, sampai dengan menganalisa da menyimpan darta hingga jangka waktu yang ditentukan dengan tujuan untuk menjamin kualitas data, agar diperoleh hasil penelitian yang kredibel. Good health research practice (GHRP) merupakan salah satu standar international yang mengatur  bagaimana menyusun alat koleksi data, mengumpulkan dan mengelola data dalam penelitian kesehatan.

Epi info adalah salah satu software yang dikeluarkan oleh US COC (United state center for Disease control and prevention), yang bersifat open source atau gratis. Software ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan database, melakukan entri dan mereview data untuk meminimalisir kesalahan dalam proses entri data (misalnya missing, inkosistensi data dan out of range). Sedangkan untuk analisa data terdapat STATA sebuah software statistic yang dilengkapi dengan jurnal dan situs pendukung yang kuat serta perintah syntax yang konsisten.

Dalam rangka meningkatkan kualitas hasil penelitian kesehatan, pusat kedokteran tropis fakultas kedokteran universitas gadjah mada akan melakukan pelatihan data management in medical research from designing data collection tool to analyzing your data. {pelatihan ini diharakpan dapat membantu para peneliti untuk mengaplikasikan praktik manajemen data dalam penelitian kesehatan sesuai dengan standar international GHRP.

Tujuan utama dari pelatihan ini adalah memberikan pengetahuan umum tentang manajemen data dalam penelitian kesehatan sesuai dengan prinsip GHRP. Memberikan keterampilan dasar dalam mendesain formulir koleksi data (case report form atau kuisioner). Pelatihan Data management in medical research memberikan keterampilan dasar dalam mengembangkan database, melakukan entri data dan meriview dengan software Epi Info dan memberikan keterampilan dasar dalam melakukan analisis deskritif, analisis bivariat, analisis regresi linear dan regresi logistic dengan software STATA.

Sasaran dari pelatihan 2015 Data management in medical research ini adalah mahasiswa, dosen atau peneliti di bidang kesehatan. Untuk jumlah peserta dibatasi sebanyak 25 orang. Pelatihan ini akan berlangsung selama 3 hari. Peserta diberikan modul praktik dan seminar kit pada saat registrasi. Pengajaran akan dilajkukan dengan system kuliah interaktif, latihan dan diskusi terbuka. Kegiatan ini juga akan dilakukan praktik dalam kelompok kecil sehingga peserta dapat dapat aktif terlibat dan mudah memahami isi materi. Pada akhir pelatihan diadakan sesi diskusi dan evaluasi untuk menilai hasil dari pelatihan. Materi akan disampaikan oleh Prof. dr. Hari Kusnanto, SU,DrPH, dr. Riris Andono Ahmad, MPH,PhD, Henry Surendra, SKM,MPH, Aesthetica Islamy, SKM,MPH.

Pelatihan ini akan diselenggaran pada tanggal 22 mei s/d 24 mei 2015 pukul 08.00-17.00wib di Ruang kusuma Hotel Cakra Kusuma Jl. Kaliurang No.25 Km. 5,2 Yogyakarta. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Sekretariat Pusat Kedokteran Tropis UGM, Gedung PAU UGM lantai 2 Jl.Teknika Utara Barek Yogyakarta 55281 Telp 0274547147 dengan CP Kurnia Widiastuti 081228993380 atau septi 081578176207 Data management in medical research : From designing data collection tool to analyzing your data