Seminar Nasional Optimalisasi Kualitas hidup Anak Pasca MDGS 2015

Seminar Nasional Optimalisasi Kualitas hidup anak diera pasca millennium development goals (MDGS) diselenggarakan oleh Ikatan perawat nasional indoneisa regional Yogyakarta. 

Pencapaian millennium development goals (MDGS) Indonesia adalah menurunkan angka kematian balita (AKB) sebesar 2/3 nya dalam kurum waktu 1990-2015 dengan menurunnya indicator angka kematian bayi danbalita per 100 kelahiran hidup dan cakupan imunisasi campak pada anak usia 12-23 bulan. Sampai dengan tahun 2015 penyeban utama kematian balita  secara global adalah Pneumonia, diaree dan malaria yaitu pada sekitar 6000 anaka balita setiap hari. Masalah gizi tercatat hampir setengah dari kematian ini.

Dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak, bulan pertama kehidupan adalah yang paling penting bagi anak. Pada tahun 2012 hampir tiga juta bayi meninggal selama bulan pertama kehidupanm sebagaian besar dari penyebab yang mudah dicegah seperti diare dan demam berdarah dengue(DBD).

Sebanyak 7.6 juta anak di dunia meninggal tiap tahunnya. Lebih dari 25 kali jumlah tersebut, yakni lebih dari 200 juta anak dapat bertahan hidup akan tetapi tidak mampu mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Akibatnya Negara memperkirakan 20% kehilangan orang dewasa yang produktif. Pelayanan kesehatan, tenaga kesehatan, pusat pusat penitipan anak dan palayanan masyarakat lainnya memiliki peran yang penting dalam meningkatkan perkembangan anak. Care of child development (CCD) atau pengasuhan perkembangan anak didasarkan pada hasil-hasil penelitian yang terbaik terkait dengan perkembangan anak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan yang menyeluruh/komprehensif yang meliputi : mengatasi nutrisi, kesehatan, perkembangan psikososial menjukkan hasil yang efektif. Berdasarkan permasalahanpermasalahan tersebut, tenaga kesehatan perlu meningkatkan pengetahuan dan mengikuti perkembangan ilmu. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan ini maka Ikatan Perawat Anak Nasional Indonesia (IPANI) regional Yogyakarta bermaksud menyelenggarakan kegiatan seminar Nasional dengantopik “Optimalisasi Kualitas Hidup Anak di Era Paska Millenium Development Goals(MDGS)”

Tujuan diadakan serminar Nasional ini adalah untuk meningkatkan pemahaman yang baik tentang isu-isu kesehatan anak terkini di era paska MDGS bagi perawat , profesi kesehatan lain serta mahasaiswa kesehatan mengenai perawatan pada anak khususnya pada kasus diare, DBD dan Optimalisasi perkembangannya. Seminar ini akan diadakan pada tanggal 31 Oktober 2015 di Ruang Utama Gedung Diklat LT4 RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Itsna 08164224637 ; Rini 085643450462.