Pelatihan PAGT Yogyakarta 2016

Terapi gizi merupakan bagian dari perawatan penyakit dan kondisi klinis yang harus diperhatikan agar pemberiannya tidak melebihi kemampuan organ tubuh sebagai fungsi metabolism zat gizi. Pemberian diet pasien harus sesuai dengan fungsi organ kemudian harus dievaluasi. Upaya peningkatan status gizi pasien merupakan tanggung jawab petugas kesehatan salah satunya adalah tenaga gizi/ahli gizi.

Pelayanan gizi rawat inap merupakan pelayanan gizi yang dimulai dari proses pengkajian gizi, diagnosis gizi, intevensi gizi serta monitoring dan evaluasi gizi. Sebelum dilakukan pengkajian gizi diperlukan skrining gizi untuk mengetahui resiko penurunan status gizi. Jika hasil skrining menyatakan pasien beresiko terjadfi penurunan status gizi maka dilakukan dukungan gizi melalui proses asuhan gizi standar (PAGT)


American dietetic association (ADA) sejak tahun 2003 mengembangkan standardized nutrition care process (NPC) sebagai upaya peningkatan pelayanan asuhan gizi yang berkualitas. Sehubungan dengan ini maka asosiasi dietisien Indonesia  DIY sebagai wadah profesi untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas dietsien di rumah sakit berusaha menjawab tantangan tersebut dengan menyelenggarakan pelatihan proses asuhan gizi terstandar (PAGT).

Pelatihan asuhan gizi ini akan dilaksakan di Hotel Arjuna Yogyakarta Jl. P.Mangkubumi no.44 Yogyakarta. Pelatihan ini akan diselenggarakan selama 3 hari yaitu pada hari sabtu tanggal 12-14 Mei 2016.  Adapun para peserta yang dapat berpartisipasi dalam pelatihan gizi ini adalah para ahli gizi yang bekerja di rumah sakit negeri ataupun swasta atau sebagai pendidik. 

Beberapa pokok materi yang akan disampaikan dalam pelatihan gizi ini adalah dinamika kelompok, pengembangan profesi dan sertifikasi tenaga gizi, konsep dasar PAGT, Skrining gizi, pengkajian gizi, diagnosis gizi, intervensi gizi, monitoring dan evaluasi gizi, praktek kasus penyakit anak, praktek kasus bedah, praktek kasusu penyakit dalam, prkatek kasus obsgyn, prestasi dan diskusi kasus.

Adapun para pembicara dalam pelatihan ahli gizi di Yogyakarta ini adalah Triyani kresnawan, DR. Martalena, DSr. Susetyowati, Retno Pangastuti, Herni astute, DPD persagi DIY. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan ahli gizi  di Yogyakarta dapat menghubungi Panitia Pelatihan PAGT Instalasi Gizi RS Dr. Sardjito Jl.Kesehatan Sekip Yogyakarta atau contact person dian (081326018016); Dwi (081915535425).