50 Daftar Pedoman Untuk Akreditasi Rumah Sakit



Salah satu unsur penting dan sangat vital yang menentukan keberhasilan akreditasi FKTP adalah bagaimana mengatur sistem pengdokumentasian dokumen. 

Pengaturan sistem dokumentasi dalam satu dalam proses implementasi akreditasi FKTP dianggap penting karena dokumen merupakan acuan kerja, bukti pelaksanaan dan penerapan kebijakan, program dan kegiatan, serta bagian dari salah satu persyaratan Akreditasi FKTP.

Dengan adanya sistem dokumentasi yang baik dalam suatu institusi/organisasi diharapkan fungsi-fungsi setiap personil maupun bagian-bagian dari organisasi dapat berjalan sesuai dengan perencanaan bersama dalam upaya mewujudkan kinerja yang optimal.

Dokumen yang dimaksud dalam Akreditasi FKTP secara garis besar dibagi atas dua bagian yaitu dokumen internal dan eksternal. Dokumen tersebut digunakan untuk membangun dan membakukan sistem manajemen mutu dan sistem manajemen pelayanan. 

Regulasi internal tersebut berupa Kebijakan, Pedoman, Standar operasional prosedur (SOP) dan dokumen lain disusun berdasarkan peraturan perundangan dan pedoman-pedoman (regulasi) eksternal yang berlaku.

Berikut 55 Daftar Dokumen Pedoman  yang diperlukan:
1 Pedoman Pengorganisasian Asesmen Pasien AP
2 Pedoman Pengorganisasian Hak Pasien dan Keluarga HPK
3 Pedoman Pelayanan Hak Pasien dan Keluarga HPK4 Pedoman Sumber Daya Manusia KPS
5 Pedoman Pengorganisasian Subbagian Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia KPS
6 Pedoman Pelayanan DOTS MDG7 Pedoman Pengorganisasian DOTS MDG
8 Pedoman Manajerial DOTS MDG
9 Pedoman Pengorganisasian PONEK (Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif) MDG
10 Pedoman Pelayanan PONEK (Pelayanan Obstetri Neonatal EmergensiKomprehensif) MDG
11 Pedoman Pelayanan Subbagian Pemeliharaan – Urusan UPL/UKL MFK
12 Pedoman Logistik MFK
13 Pedoman Pengorganisasian Manajemen Fasilitas dan Keamanan MFK
14 Pedoman Standar Fasilitas MFK
15 Pedoman Keselamatan Kerja MFK
16 Pedoman Kesehatan Kerja MFK
17 Pedoman Kebakaran dan Kewaspadaan Bencana MFK
18 Pedoman Pengorganisasian Subbagian Pemeliharaan – Urusan UPL/UKL MFK
19 Pedoman Pelayanan Instalasi Sterilisasi Sentral MFK/PPI
20 Pedoman Pengorganisasian Instalasi Sterilisasi Sentral MFK/PPI
21 Pedoman Pelayanan Urusan Linen MFK/PPI
22 Pedoman Kesehatan Lingkungan MFK/PPI
23 Pedoman Pengorganisasian Instalasi Rekam Medis MKI
24 Pedoman Pelayanan Instalasi Rekam Medis MKI
25 Pedoman Pengorganisasian Instalasi Farmasi MPO
26 Pedoman Pelayanan Instalasi Farmasi MPO
27 Pedoman Pelayanan Bedah PAB28 Pedoman Pengorganisasian Instalasi Kamar Operasi PAB
29 Pedoman Pelayanan Instalasi Kamar Operasi PAB
30 Pedoman Mutu dan Keselamatan Pasien PMKP31 Pedoman Pengorganisasian Instalasi Gizi PP
32 Pedoman Pelayanan Instalasi Gizi PP
33 Pedoman Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit PPI
34 Pedoman Pengorganisasian Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Rumah Sakit PPI
35 Pedoman Pengorganisasian PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) PPK
36 Pedoman Pelayanan PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) PPK
37 Pedoman Pelayanan Bidang Pelayanan Keperawatan TKP
38 Pedoman Pengorganisasian Bidang Pelayanan Keperawatan TKP
39 Pedoman Pelayanan Anestesiologi TKP
40 Pedoman Pengorganisasian Bagian Umum TKP
41 Pedoman Pelayanan Bagian Umum TKP
42 Pedoman Pengorganisasian Bagian Keuangan TKP
43 Pedoman Pelayanan Instalasi Radiologi TKP/PP
44 Pedoman Pengorganisasian Instalasi Radiologi TKP/PP
45 Pedoman Pelayanan Instalasi Laboratorium TKP/PP
46 Pedoman Pengorganisasian Instalasi Laboratorium TKP/PP
47 Pedoman Pelayanan Unit Pelayanan Darah TKP/PP
48 Pedoman Pengorganisasian Unit Pelayanan Darah TKP/PP
49 Pedoman Pengorganisasian Instalasi Gawat Darurat TKP/PP
50 Pedoman Pelayanan Instalasi Gawat Darurat TKP/PP
51 Pedoman Pengorganisasian Instalasi Rawat Jalan TKP/PP
52 Pedoman Pelayanan Instalasi Rawat Jalan TKP/PP
53 Pedoman Pengorganisasian Instalasi Rehabilitasi Medis TKP/PP
54 Pedoman Pelayanan Instalasi Rehabilitasi Medis TKP/PP
55 Pedoman Pelayanan IPI
56 Pedoman Pengorganisasian IPI