Rumah Sakit Terapung Ksatria Airlangga

Pimpinan dan para alumni Universitas Airlangga (UNAIR) meresmikan pembukaan rumah sakit terapung (RST) yang diberi nama Ksatria Airlangga.

Peresmian ini dilaksanakan di dermaga kantor Kesyahbandaran Utama pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada hari sabtu 11 November 2017.

Pembukaan rumah sakit terapung ini diawali dengan penekanan sirine oleh Dekan Fakultas Kedokteran Prof. Soetojo; Sekjen PP IKA-UA Dr. Budi Widajanto; Ketua IKA-UA Wilayah Jawa Timur Dr. Hendy Hendarto, Sp.OG, dan Ketua IKA FK UA Dr. Pudjo Hartono, dr Sp.OG.

 

Rumah sakit terapung ini merupakan kapal pinisi dengan lebar kapal 7,5 meter dan panjang 27 meter. Rumah Sakit Terapung Universitas Airlangga ini nantinya benar-benar bisa dioperasionalkan untuk bakti sosial pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang tinggal di pulau-pulau terpencil dan terluar Indonesia.

Awal pembuatan rumah sakit terapung ini adalah Ide seorang alumni FK yang berdinas di kawasan kepulauan di Provinsi Maluku, Dr. Agus Haryanto, Sp.B. yang kemudian bisa diwujudkan oleh IKA UNAUR.