Sistem Rujukan Online BPJS Kesehatan Dijalankan, Siapa Diuntungkan?

Untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik terhadap seluruh masyarakat luas, BPJS kesehatan melakukan beragam upaya pembenahan sistem salah satunya adalah system rujukan online.
gatra.com
Seperti dilansir oleh liputan6.com, mulai tanggal 15 Agustus 2018 BPJS Kesehatan meluncurkan sistem rujukan online. Rujukan online ini akan memudahkan setiap fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS kesehatan untuk melakukan rujukan kepada pasien BPJS Kesehatan yang perlu mendapatkan penanganan lebih lanjut.

liputan6.com
Pada hakekatnya rujukan online dan manual adalah sama hanya saja dengan menggunakan rujukan online ada beberapa kelebihan yang tidak didapatkan pada rujukan online. Kita tahu bahwa antrian pasien menjadi momok dalam pelayanan pasien BPJS di berbagai fasilitas kesehatan. Antrian bukan hanya dipendaftaran tetapi untuk mendapatkan obat, layanan rawat jalan dan kamar rawat inap juga memerlukan perjuangan tersendiri.
pasiensehat.com
Dengan mengaplikasikan sistem rujukan online yang baru saja dirilis oleh BPJS Kesehatan ini maka pihak fasilitas kesehatan tidak perlu lagi melakukan penginputan data pasien yang dirujuk sehingga pasien dapat dilayani dengan lebih cepat. Hal ini dapat membantu mempercepat pada proses pendaftaran sehingga mengurai penumpukan pasien di bagian pendaftaran.

kabarbisnis.com
Keuntungan lain dari penggunaan rujukan online ini adalah bersifat paperless sehingga memudahkan pelayanan saat pasien tidak membawa kartu BPJS nya. Paperless berarti tidak ada lagi input data pasien sehingga dengan tidak adanya input data lagi bisa dipastikan akan mengurangi tingkat kesalahan akibat input data pasien.

Oleh sebab itu saat ini sistem rujukan online telah diterapkan pada 20.906 Fasilitas kesehatan yang telah terintegrasi datanya dengan BPJS Kesehatan. Diharapkan kedepannya semua Fasilitas kesehatan yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan bisa menggunakan sistem rujukan online ini karena bukan hanya fasilitas kesehatan saja yang diuntungkan tetapi masyarakat peserta BPJS Kesehatan juga akan diuntungkan dengan lebih cepat dilayani dan mendapatkan pelayanan yang tepat.

Sumber : Liputan6.com