Istilah Dalam Corona Covid 19

Sering kita mendengar istilah istilah dalam masa pandemi Corona ini seperti ODP atau PDP. Berikut beberapa istilah yang perlu kita pahami bersama dalam masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-I9) 

1.Kontak erat adalah seseorang yang melakukan kontak fisik atauberada dalam ruangan atau berkunjung (dalam radius 1 meterdengan kasus pasien dalam pengawasan atau konfirmasi) dalam 2hari sebelum kasus timbul gejala dan hingga 14 hari setelah kasustimbul gejala.

2. Mitigasi adalah tindakan-tindakan untuk mengurangi ataumeminimalkan dampak dari suatu bencana terhadap masyarakat.


3. Orang Tanpa Gejala yang selanjutnya disingkat OTG adalah orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan kasus konfirmasi COVID19 (dengan PCR) tetapi tidak memiliki gejala.

4. Orang Dalam Pemantauan yang selanjutnya disingkat ODP adalahorang yang mengalami demam (≥38°C) atau riwayat demam; ataugejala gangguan sistem pernapasan seperti pilek/sakit tenggorokan/batuk dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal dinegara/wilayah yang melaporkan transmisi lokal* atau memilikiriwayat kontak dengan kasus konfirmasi COVID-19.

5. Pasien Dalam Pengawasan yang selanjutnya disingkat PDP adalahorang yang mengalami demam (≥38°C) atau riwayat demam; disertaibatuk/sesak nafas/sakit tenggorokan/pilek/pneumonia ringan hingga berat dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaranklinis yang meyakinkan DAN pada 14 hari terakhir sebelum timbulgejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayahyang melaporkan transmisi lokal* atau memiliki riwayat kontakdengan kasus konfirmasi COVID-19.

6. Probabel adalah PDP yang sedang diperiksa RT PCR namun masih inkonklusif (belum dapat disimpulkan).

7. Kasus konfirmasi adalah pasien yang terinfeksi COVID-19 denganhasil pemeriksaan tes positif melalui pemeriksaan PCR.

8. Karantina mandiri adalah Pembatasan kegiatan/pemisahan orangyang tidak sakit, tetapi mungkin terpapar agen infeksi atau penyakitmenular dengan tujuan memantau gejala dan mendeteksi kasus sejak tinggi yang dilakukan di rumah atau di tempat lain yangdisediakan sebagai tempat karantina.

9. Isolasi mandiri adalah Pemisahan orang yang tidak sakit atauterinfeksi dari orang lain sehingga mencegah penyebaran infeksi ataukontaminasi yang dilakukan di rumah atau di tempat lain yang disediakan sebagai tempat karantina.