Askep Bronkhitis : Diagnosa Keperawatan


askep bronkhitis

Dalam askep bronkhitis atau juga bisa disebut sebagai asuhan keperawatan bronkhitis perlu dilakukan langkah langkah pengkajian, diagnosa keperawatan, intervensi, implementasi dan evaluasi. Bagaimana proses diagnosa keperawatan pada pasien bronkhitis dicapai dalam tahapan  melakukan askep bronkhitis ?. Berikut akan disajikan secara singkat bagaimana langkah langkah diagnosa keperawatan dalam askep bronkhitis.

Diagnosa keperawatan dapat dilakukan dengan cara tidak efektif saat membersihkan jalan nafas dimana hal tersebut sangat berkaitan dengan adanya peningkatan produksi sekret. Ditemukan adanya kerusakan pertukaran gas terkait dengan obstruksi jalan nafas oleh sekresi, spasme bronchus. Ditemukan pola nafas tidak efektif berkaitan dengan broncokontriksi, mukus. Ada indikasi perubahan kekurangan nutrisi dari kebutuhan hal ini sangat berkaitan dengan dispnoe, anoreksia, mual muntah.

Diagnosa keperawatan dalam askep bronkhitis juga berkaitan dengan adanya resiko tinggi terhadap infeksi berhubungan dengan menetapnya sekret, proses penyakit kronis. Intoleran aktifitas berhubungan dengan insufisiensi ventilasi dan oksigenasi. Diagnosa lainnya adalah ditemukan ansietas terkait dengan perubahan status kesehatan. Kurangnya  pengetahuan dan kurangnya informasi tentang proses penyakit dan perawatan dirumah juga menjadi salah satu diagnosa keperawatan dalam askep bronkhitis.