Sistem INA-CBG`s hambat pelayanan JKN


JKN

Menurut Said Iqbal sebagai Sekretaris Jendral Komite Aksi Jaminan Sosial (KJS) adanya penerapan INA CBGs pada layanan BPJS justru akan menghambat layanan itu sendiri. Penggunaan INA CBGs pada BPJS mengakibatkan pelaksana program BPJS atau badan layanan kesehatan (Rumah Sakit) tidak memberikan pelayanan kesehatan dengan sepenuh hati. Hal ini tidak sesuai dengan UU BPJS dan SJSN dimana jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat tanpa ada batasan biaya dan seluruh penyakit ditanggung.

Para pemegang kartu askes dan jamsostek akan merasakan bahwa pelayanan kesehatan yang sekarang diterapkan menjadi tidak lebih baik bahkan semakin buruk. Seharusnya sistem yang digunakan tidak IN CBG tetapi lebih tepat menjadi "fee for services" yang selama ini digunakan Jamsostek dan Askes. Karena dengan penggunaan sistem "fee for services"  Jamsostek dan Askes tidak mengalami kerugian.

Pola pembayaran menggunakan sistem INA-CBGs bisa meningkatkan mutu pelayanan kesehatan demikian disampaikan oleh Direktur BPJS. Dengan menggunakan INA-CBGs dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) maka akan ada standarisasi tarif pelayanan yang lebih memberikan kepastian. Perhitungan tariff didasarkan pada biaya sebenarnya.(source:antaranews.com)