Software SIMRS Gratis Kemenkes

SIMRS adalah singkatan dari sistem informasi manajemen sumah sakit yang merupakan program terintegrasi mulai dari front office sampai dengan back office. SIMRS atau sistem informasi manajemen rumah sakit saat ini memang menjadi sebuah kebutuhan yang mutlak bagi institusi perumah sakitan. Begitu kompleksnya data dan permasalahan administrasi di rumah sakit menjadikan program SIMRS salah satu solusi terbaik untuk bisa mengolah data dengan cepat dan akurat. Pengembangan SIMRS sendiri bukan suatu hal yang mudah dan juga murah karena harus memperhatikan skala kegiatan operasional rumah sakit dan kesiapan infrastruktur maupun SDM yang memadai.

Khabar baiknya, Aplikasi SIMRS gratis bisa diperoleh dari pemerintah dimana melalui departemen kesehatan telah menawarkan produk program SIMRS kemenkes yang bisa diakses oleh rumah sakit baik rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta. Program SIMRS gratis ini merupakan system yang terintegrasi yang mampu mengolah data secara keseluruhan dimulai dari front office hingga back office. Aplikasi SIMRS keluaran departemen kesehatan ini dinamakan SIMRS GOS yang merupakan kepanjangan dari Sistem informasi manajemen rumah sakit generic open source.

Aplikasi SIMRS Gratis yang dikeluarkan oleh departemen kesehatan  ini memiliki modul modul yang saling terintegrasi satu dengan yang lainnya. Modul yang ditawarkan dalam program SIMRS Gos termasuk cukup lengkap. Berikut beberapa modul yang terdapat dalam SIMRS kemenkes :

1.    Modul Registrasi
2.    Modul Poli (Sesuai dengan Pelayanan yang ada)
3.    Modul Radiologi
4.    Modul Laboratorium
5.    Modul admission
6.    Modul Rawat Inap
7.    Modul Integrasi JKN (INA CBG & SEP)
8.    Modul Apotik
9.    Modul Pembayaran / Billing System
10.    Modul Rawat Jalan
11.    Modul IGD
12.    Modul Adm
13.    Modul Logistik
14.    Modul Gudang
15.    Modul Jasa Pelayanan
16.    Modul Keuangan
17.    Modul Eksekutif
18.    Modul Keperawatan
19.    Modul Gizi
20.    Modul Kamar Operasi
21.    Modul Rekam Medik

Software SIMRS Gratis ini memang ditawrakan secara gratis bagi rumah sakit yang ingin mengimplementasikan SIMRS rumah sakit nya. Bagaimana cara mendapatkan SIMRS kemenkes ini ? cara mendapatkan SIMRS GOS atau generic open source tersebut dengan mengajukan surat permohonan SIMRS Gos kepada Dirjen Bina Upaya Kesehatan dan RS mempunyai infrastruktur IT (Jaringan, Komputer dan Server) & SDM IT.

Sebagai informasi tambahan, software SIMRS gratis ini dibuat dengan memakai bahasa pemogrmaan PHP dan databace MySQL. Sifatnya yang open source memberikan keuntungan tersendiri dimana mudah untuk dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan tiap rumah sakit. Keunggulan dari SIMRS Gos ini adalah sudah Bridging dengan Aplikasi INACBG dan SEP-BPJS., Selain itu SIMRS kemenkes ini telah dirancang mampu melakukan pengiriman pelaporan RS (SP2RS), sehingga rumah sakit tidak perlu lagi membuat laporan.