Panduan 20 Kasus Non Spesialistik Di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama

Salah satu permasalahan utama pelayanan kesehatan di tingkat primer adalah tingginya angka rujukan non spesialistik. Kasus penyakit yang harusnya tertangani di pelayanan tingkat primer sesuai standar kompetensi dokter Indonesia dirujuk ke pelayanan tingkat sekunder. 

Hal ini tentu membawa konsekwensi besarnya biaya yang jauh lebih tinggi bila dibanding kasus penyakit dapat diselesaikan di tingkat primer sehingga berakibat tidak berimbangnya prosentase besarnya dana JKN yang dihabiskan untuk pembiayaan ditingkat primer dan sekunder yang seharusnya berimbang antara keduanya.


Oleh karena itu dalam rangka mewujudkan peningkatan mutu kepada peserta JKN KIS khususnya di FKTP BPJS Kesehatan bersama denga stakeholder terkait terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dokter layanan primer agar dapat menuntaskan kasus pelayanan kesehatan peserta JKN KIS sesuai standar kompetensi dokter layanan primer. 

Salah satunya adalah terbitnya buku pedoman tatalaksana 20 kasus non sepsialistik hasil kerjasama BPJS Kesehatan dengan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia. Buku panduan tatalaksana 20 kasus rujukan non spesialistik di FKTP diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dokter di tingkat pelayanan primer seperti yang diharapkan.

FKTP merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya bagi peserta JKN KIS sehingga FKTP diharapkan dapat memberikan pelayanan yang bermutu dan komprehensif kepada peserta meliputi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Akan tetapi selama hampir tiga tahun penyelenggaraan progam JKN KIS masih ditemukan permasalahan tingginya rujukan kasus non spesialistik dari pelayanan pertama ke pelayanan kesehatan tingkat lanjutan.

Sehingga banyak kasus yang seharusnya dapat ditangani dean tuntas di FKTP akhirnya menjadi beban pelayanan kesehjatan di fasilitas rujukan tingkat lanjutan. Hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kualitas layanan di fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan da juga terhadap sustainabilitas program JKN KIS.

Untuk hak akses ke  Panduan 20 Kasus Non Spesialistik pada Faskes Tingkat Pertama PDF silahkan ikuti link berikut Panduan 20 Kasus Non Spesialistik pada FKTP