Bimtek Menyusun PAK, PIK, SPO Keperawatan 2017

Menyusun PAK,PIK dan SPO Keperawatan Integrasi kebutuhan standar akreditasi RS dan Angka Kredit Perawat Permenpan RB no.25/2014 tentang jabatan perawatan dan angka kreditnya mengatur bahwa perawat ahli pertama pangkat penata muda tigkat I, golongan ruang III/b ke atas, yang akan naik jejang jabatan dan pangkatnya dipersyaratkan harus memiliki angka kredit dari unsur pengembangan profesi. 

Panduan asuhan keperawatan (PAK), panduan intervensi keperawatan (PIK) dan standar prosedur operasional (SPO) keperawatan sebagai dokumen-dokumen yang diperlukan dalam standar akreditasi rumah sakit, sebenarnya dapat dijadikan dasar untuk memenuhi penilaian angka kredit perawat dari unsur pengembangan profesi tersebut. 

Namun kesempatan ini belum banyak dimanfaatkan para perawat fungsional yag membutuhkan angka kredit dari pengembangan profesi ini. Contoh format PAK yang disusun tim persi dalam buku pedoman penyusuan panduan praktik klinis dan clinical pathway dalam asuhan terintegrasi sesuai standar akreditasi RS 2012 telah memuat diagnose keperawatn, outcame keperawatan dan inetrvensi keperawatan yang mengadopsi standar bahasa keperawatan international yaitu nanda, noc dan nic. 

Mengingat masih kurangnya pemahaman tentang standar bahasa keperawatan di lapangan terutama pada penentuan outcome dan intervensi keperawatan diperlukan upaya lebih lanjut dalma memfasilitasis profesi perawat terkait proses penyusunan PAK, PIK dan SPO Keperawatan dengan mengintegrasikan antara kebutuhan dokumen akreditasi rumah sakit dan pemenuhan angka kredit perawatan dari unsur pengembangan profesi. 

Oleh sebab itu akan diadakan suatu bimbingan teknis menyusun PAK,PIK dan SPO Keperawatan yag diselenggarakan pada 4-5 Agustus 2017 di Hotel Dafam Fortuna Malioboro Yogyakarta Jl. DAgen Malioboro no. 60. Bimbingan teknis Menyusun PAK,PIK dan SPO Keperawatan memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman tentang perolehan angka kredit perawat dari unsur pengembagan profesi, memberi pemahaman mengenai standar bahasa keperawatan sebagai dasar penysusunan PAK, PIK dan SPO keperawatan. 

Dengan mengikuti bimbingan teknis menyusun PAK,PIK dan SPO Keperawatan ini maka diharapkan para peserta dapat menysusun panduan asuhan kperawatan, panduan intervensi keperawatan, SPO keperawatan dan dokumen yang telah disusun tersebut dapat dijadikan bahan pemenuhan angka kredit perawat. Informasi lengkap mengenai Bibingan teknis Menyusun PAK,PIK dan SPO Keperawatan ini dapat menghubungi 081330230642 (anandito)