Apa itu Aplikasi SISMADAK

Aplikasi  SISMADAK atau  Sistem  Manajemen  Dokumen  Akreditasi  merupakan  aplikasi alat  bantu  yang  diperuntukkan  bagi  Rumah  Sakit  yang  mengikuti  program  Akreditasi  yang diselenggarakan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). 


SISMADAK berguna bagi RS dalam persiapan  akreditasi  untuk mengumpulkan,  menyimpan,  dan  mencari  kembali  dokumen  bukti yang berhubungan dengan akreditasi.

Aplikasi  SISMADAK  dioperasikan  sendiri  oleh  pihak  RS,  sehingga  perlu  kerjasama  dan koordinasi  dengan  staf  TI  Rumah  Sakit  dan  penanggung  jawab  (PJ)  Akreditasi  RS,  terutama dalam penyediaan Server, Jaringan dan proses maintenance.

Salah satu kendala terbesar yang dialami oleh pihak RS dalam kegiatan akreditasi adalah masalah  persiapan  dokumen.Hampir  80%  Rumah  Sakit  melakukan  pengelolaan  dokumen secara manual, sehingga proses pencarian menjadi lambat, dan sering dokumennya hilang atau tercecer  dan  rusak.

Hal  ini  juga  berdampak  pada  penilaian  oleh  Surveior,  karena  keterbatasan waktu dalam pengecekan semua dokumen yang dimiliki oleh Rumah Sakit.

Biaya  persiapan  akreditasi  menjadi  mahal  karena  harus  dicetak  dan  disusun  dalam folder -folder,  dan  kemudian harus  dibuang  karena  tidak  valid  lagi  untuk dipakai pada  kegiatan akreditasi  berikutnya.   Kalau  tetap  dipertahankan  untuk  disimpan,  maka  akan  butuh  tempat penyimpanan dan perawatan.

Adapun fitur-fitur yang tersedia pada apikasi SISMADAK adalah sebagai berikut:
a.Tersedia Standard 2012 dan SNARS Ed.1
b.Pengisian Self Assessment
c.Upload Dokumenbukti, Regulasi, dll untuk masing-masing Elemen Penilaian
d.File   Manager   untuk   menyimpan   dokumen   tambahan   (mirip   seperti   Dropbox, Google drive)
e.Pendataan Indikator Mutu Nasional,Benchmarkdan grafik
f.Indikator Lokal untuk keperluan internal RS
g.Update profil Rumah Sakit
h.Pendataan Staf dan sertifikasi (STR, RKK, SIP, SPK)
i.Upload dokumen Staf
j.Pendataan histori jabatan staf
k.Dashboard
l.Pengaturan Hak Akses Penggunapada Filemanager dan Modulm.Pengaturan konfigurasi
n.Pengaturan modul
o.Pendataan unit/bagian
p.Pencarian dokumen pada seluruh standar bab
q.Pendataan Logbook Bimbingan (Mis. PPDS)
r.PelaporanIKP (Insiden Keselamatan Pasien)
s.Integrasi dengan SIMRS seperti SIRSAK (Sistem informasi Rumah Sakit Ala KARS).

Untuk  meminimalkan  risiko  kerusakan  dokumen  dan  biaya  yang  besar,  serta  proses penyimpanan  dan  pencarian  yang  lebih  cepat,  maka pihak  Rumah  Sakit  perlu  dihimbau  untuk menggunakan aplikasi SISMADAK.  Para Surveior yang melakukan asesmen ke Rumah Sakit akan menggunakan  aplikasi SISMADAK  ini  untuk  menelusur  dokumen  yang  dibutuhkan.