Demam Berdarah Gejala dan Pengobatannya

Demam berdarah atau sering disebut DBD (demam berdarah dengue) memang menjadi momok sebagian besar masyarakat. Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini bisa berbahaya bila tidak ditangani secara tepat. 

Nyamuk pembawa virus DBD ini adalah Aedes aegypti yang menginfeksi darah manusia dengan gigitan dan mentransfer darah yang terinfeksi ke orang lain. 


Gejala demam berdarah yang ditimbulkan saat terserang demam berdarah adalah penderita akan mengalami demam dengan suhu tubuh tinggi. Penderita penyakit demam berdarah ini akan mengalami gejala seperti demam selama 4 hingga 7 hari setelah digigit oleh nyamuk yang terinfeksi disertai dengan  demam tinggi hingga 40 derajat C, sakit kepala parah, rasa nyeri pada bagian belakang mata, nyeri otot dan sendi parah, mual dan muntah dan ruam.

Bagaimana cara mengobati demam berdarah dengue?

Untuk mengobati demam berdarah ada baiknya memeriksakan diri ke dokter apabila mengalami gejala seperti di atas. Biasanya penderita setelah mendapat perawatan akan sembuh secara total dalam 2 minggu.

Yang biasanya di rekomendasikan oleh Dokter adalah penderita perlu istirahat yang banyak di tempat tidur. Mengkonsumsi banyak cairan, minum obat turun panas seperti. Paracetamol (Tylenol®, Panadol®) dapat meringankan rasa sakit dan menurunkan demam.

Untuk itu salah satu pencegahan DBD adalah menjaga kebersihan lingkungan sekitar yang bias menjadi timbulnya sarang-sarang nyamuk. Demikian Demam Berdarah Gejala dan Pengobatannya semoga bermanfaat.