Workshop SNARS Edisi I Standar Akreditasi ARK-AP-PAP Tahun 2019

Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit KARS merasa perlu untuk meningkatkan standar akreditasi yang sudah digunakan KRAS sejak tahun 2012. Untuk itu pada tahun 2017 KARS mereview standar versi 2012 dan memperaiki standar tersebut sehingga menjadi lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh rumah sakit di Indonesia.


Standar tersebut diberi nama standar nasional akreditasi rumah sakit edisi 1 (SNARS Edisi I). SNARS Edisi I ini merupakan kelanjutan dari standar akreditasi versi 2012 yang telah diperbaiki baik dalam bahasa maupun penambahan dan penyempurnaan konten standar.

Berbagai aspek penting asuhan pasien dalam SNARS Edisi I adalah a.l dilakukan oleh banyak profesi dan bekerja sebagai aspek cure, identifikasi kebutuhan  pelayanan pasien, keterlibatan dan pemberdayaan pasien yang di support oleh sistem pendukungnya, kemandirian pasien, kualitas hidup, keseragaman pelayanan, termasuk reimbursemen yang sesuai dan memadai.

Bab ARK_AP_PAP adalah standar yang penting dalam pemberian Asuhan Pasien Standar. Suatu kerangka kerja baru dalam pelayanan pasien adalah: Asuhan Pasien 4.0: suatu asuhan pasien yang modern terkini di rumah sakit dan distandarkan dalam SNARS edisi 1, Berbasis pelayanan berfokus pasien/PCC dan asuhan pasien terintegrasi, dilaksanakan oleh PPA (Profesional Pemberi Asuhan) sebagai tim yang berkolaborasi interprofesional dengan kompetensi untuk berkolaborasi dilaksanajkan dengan DNA of care: saety, quality, culture serta asuhan pasiennya didokumentasikan terintegrasi melalui IT dalam Sirsak dan Sismadak.

Pada pelayan pasien perlu informasi penting untuk membuat keputusan yang benar tentang:
-kebutuhan pasien yang dapat dilayani oleh rumah sakit
-pemberian pelayanan yang efisien kepada pasien, rujukan ke pelayanan lain baik di dalam maupun keluar rumah sakit
-pemulangan pasien yang tepat dan aman ke rumah

Disamping tujuan asesmen pasien yang efektif akan menghasilkan keputusan tentang kebutuhan asuhan, pengobatan pasien yang harus segera dilakukan dan pengobatan berkelanjutan untuk emergensi, eleti atau pelayanan terencana, bahkan ketika kondisi pasien berubah.

Proses asesmen pasien adalah proses terus menerus dan dinamis yang digunakan pada sebagian besar unit kerja rawat inap dan rawat jalan. Asuhan pasien dilakukan oleh PPA dengan banyak disiplin dan staf klinis lain.

Semua staf yang terlibat dalam asuhan pasien harus memiliki peran yang jelas,ditentukan oleh kompetensi dan kewenangan, redensial, sertifikasi, hukum dan regulasi, keterampilan individu, pegetahuan, pengalaman dan kebijakan rumah sakit atau uraian tugas wewenang.

Dalam rangka membantu rumah sakit dalam meningkatkan mutunya secara berkesinambungan dan berkelanjutan dalam hal pelayanan pasien pada Bab ARK-AP-PAP (Akses ke Rumah Sakit & Kontinuitas  Pelayanan-Asesmen  Pasien-Pelayanan  Asuhan  Pasien)  untuk  mencapai  akreditasi paripurna maka  Komisi  Akreditasi  Rumah  Sakit  (KARS)  akan  menyelenggarakan Workshop Standar  Akreditasi ARK-AP-PAP  (Akses  Ke  Rumah  Sakit  &  Kontinuitas  Pelayanan-Asesmen  Pasien-Pelayanan  Asuhan  Pasien) Dalam Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1.

Workshop Standar  Akreditasi ARK-AP-PAP akan dilaksanakan pada tanggal 20 –21 Juni 2019 di Ruang Pertemuan Lantai 5 (lima) Hotel Harris Kelapa Gading ,Jakarta yang beralamat di Jl. Boulevard Kelapa Gading Blok M, Jakarta Utara, DKI Jakarta Telp (021) 45878200

Untuk mengikuti Workshop Standar  Akreditasi ARK-AP-PAP dapat menghubungi kontak person melalui WhasApp dr. Luwiharsih, MSc telp 0811.151.142 dan Dra. M. Amatyah, M.Kes telp 0815.8429.6763


Jumlah Peserta Workshop Standar Akreditasi ARK-AP-PAP (Akses Ke Rumah Sakit & Kontinuitas Pelayanan-Asesmen Pasien-Pelayanan Asuhan Pasien) Dalam Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1 dibatasi hanya± 250 orang. Demikian informasi terkait Workshop Standar  Akreditasi ARK-AP-PAP semoga bermanfaat. (sumber : kars.or.id)