5 Cara Alami Bantu Penyembuhan Deman Berdarah

Saat terserang demam berdarah penderita akan mengalami gejala seperti  Suhu tubuh penderita DBD sangat tinggi bisa mencapai 41 derajat celcius, nafsu makan kurang bahkan hilang selera, badan terasa lelah, lesu dan capek terus menerus, mual hingga muntah, wajah berwarna kemerahan, tenggorokan sakit dan kepala terasa  pusing. 

Bila mengalami gejala terserang demam berdarah ada baiknya untu memeriksakan diri ke dokter akan mendapat perawatan yang baik dan benar. Untuk membantu proses penyembuhan diyakini dengan mengkonsumsi makanan ini bisa mempercepat penderita demam berdarah memperoleh kesembuhan.

1. Jus jambu biji
Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Natural Medicine tahun 2013 menegaskan keampuhan buah jambu dalam mengatasi DBD. Penelitian tersebut menemukan bahwa buah dengan nama ilmiah Psidium guajava itu memiliki khasiat penyembuhan dalam kasus DBD. Khasiat yang dimaksud adalah meningkatkan kadar trombosit yang menurun.

source : cermati.com


Buah jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C dalam tubuh akan memicu pembentukan platelet atau trombosit darah baru.

2. Angkak

Angkak adalah salah satu jenis beras merah dari Tiongkok yang difermentasi dengan ragi Monascus purpureus. Pemberian kapsul angkak dapat meningkatkan trombosit pada tikus putih yang dibuat trombositopenia (kadar trombosit dalam darah yang rendah) hal tersebut sesuai dengan sebuah penelitian dari IPB tahun 2012 menunjukkan bahwa 

source: popmama.com

Seperti yang kita tahu bahwa pasien DBD mempunyai kadar trombosit yang rendah yang membuat penyakitnya semakin parah. Dengan pemberian angkak yang dapat membantu peningkatan kadar trombosit, maka pasien DBD kemungkinan lebih cepat sembuh.
3. Echinacea

Echinacea adalah jenis tanaman untuk mengobati demam dan flu yang biasa diapaki oleh masyarakat Amerika bagian Utara. 
source:republica.co.id
Dalam Pakistan Journal of Clinical and Biomedical Research, echinacea bisa memicu produksi protein dan interferon tambahan, sebagai reaksi terhadap serangan bakteri dan virus. Echinacea bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengoptimalkan kemampuan sel darah putih dalam menangani infeksi virus, termasuk virus dengue.

4. Daun pepaya

Berdasarkan penelitian bahwa ekstrak daun pepaya dapat membantu meningkatkan angka trombosit dalam darah penderita demam berdarah dengue. Ini disebabkan karena daun pepaya bisa menstabilkan dinding sel keping darah sehingga tidak mudah dihancurkan oleh virus dengue.

source:health.detik.com
Anda bisa memanfaatkan 50 gram daun pepaya sebagai obat demam berdarah alami dengan cara mencucinya dahulu lalu tumbuk daun hingga halus, namun jangan sampai menjadi bubuk. Kemudian  mencampurkan air dan peras air tumbukan daun pepaya. Minum air daun pepaya sebanyak 3 kali dalam sehari.(source:https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/demam-berdarah-dengue-dbd/obat-demam-berdarah-alami/)