Pedoman Penilaian Teknologi Kesehatan Program JKN PDF

Untuk kendali mutu dan kendali biaya dalam pelayanan kesehatan untuk mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional, perlu dilakukan penilaian teknologi Kesehatan (health technology assessment) yang berorientasi pada aspek keamanan pasien, efektivitas tindakan, kesesuaian dengan kebutuhan pasien dan efisiensi tindakan.



Oleh karena itu perlu ada peraturan Menterai kesehatan tentang Pedoman Penilaian Teknologi Kesehatan (health technology assessment) dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Maka munculah Permenkes No.51 tahun 2017 .

Penilaian Teknologi Kesehatan merupakan rangkaian kegiatan analisis yang dilakukan secara sistematis dengan pendekatan multidisiplin untuk menilai dampak penggunaan teknologi kesehatan dalam program JKN.

Ruang lingkup teknologi kesehatan dalam PTK-JKN meliputi teknologi atau produk teknologi yang digunakan dalam pelayanan kesehatan yang dapat berupa metode, obat, alat kesehatan, atau modalitas lainnya.

Kriteria teknologi Kesehatan dalam PTK-JKN meliputim high volume, high risk, high cost, high variability, memiliki tingkat urgensi dalam kebijakan, memiliki dampak memperbaiki akses, kualitas dan kesehatan bagi penduduk, memiliki tingkat potensi penghematan biaya atau keterjangkauan biaya dan memiliki tingkat penerimaan dari aspek sosial, budaya, etika, politik, dan agama terhadap penerapan teknologi.

Untuk mengunduh Permenkes No.51 tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Teknologi Kesehatan (health technology assessment) dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dapat melalui link di bawah ini.