Penyebab Terjadinya Penyakit Tonsilitis


penyakit tonsilitis

Penyakit Tonsilitis atau penyakit radang amandel adalah akibat dari adanya infeksi yang terjadi pada amandel dan seringkali menyebabkan sakit pada tenggorokan dan demam. Tonsilitis pada umumnya disebabkan oleh virus pilek ( adenovirus, rhinovirus, influenza, coronavirus, RSV ). Selain virus pilek, penyebab tonsilitis juga adalah virus virus Epstein-Barr, herpes simpleks virus , cytomegalovirus, atau HIV. 

Penyebab Terjadinya Penyakit Tonsilitis

Selain virus maka penyebab umum lainnya adalah akibat gangguan bakteri. Pada penderita penyakit tonsilitis maka bakteri yang sering ditemukan adalah Group A-hemolitik streptokokus β ( GABHS ), yang menyebabkan radang tenggorokan. Golongan bakteri ini termasuk juga Staphylococcus aureus, Streptococcus pneumoniae, Mycoplasma pneumoniae, Chlamydia pneumoniae, pertusis, Fusobacterium , difteri, sifilis, dan gonore. 

Saat bakteri dan virus masuk kedalam tubuh baik melalui mulut atau hidung maka fungsi amandel sebagai filter tubuh akan bekerja untuk menyaring mereka. Sel darah putih pada amandel akan bekerja menghancurkan virus maupun bakteri tersebut sehingga terjadilah peradangan dan demam. Infeksi juga mungkin ada di tenggorokan dan sekitarnya, menyebabkan peradangan pada faring. Ini adalah area di bagian belakang tenggorokan yang terletak di antara dalam kotak suara dan tonsil. Penyebab Terjadinya Penyakit Tonsilitis dapat juga dikarenakan oleh bakteri streptokokus Grup A, yang menyebabkan radang tenggorokan. 

Viral tonsillitis diperkirakan juga dikarenakan oleh beragam virus antara virus Epstein-Barr (penyebab infeksi mononucleosis ) atau adenovirus. Tidak jarang pula penyeban penyakit tonsilitis dikarenakan oleh infeksi dari spirochaeta dan Treponema, dalam hal ini disebut 's angina Vincent atau-Vincent angina Plaut. [source : id.wikipedia.org]