Return to Work : Kerjasama BPJS dan Institusi Jamsos Jerman

Salah satu layanan prima BPJS Ketenagakerjaan yang akan dikembangkan adalah pengembangan Program Jaminan Kecelakaan Kerja Return to Work. Program ini nantinya akan segera diimplementasikan tahun 2015. Dengan adanya program return to work ini maka para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami cacat karena kecelakaan bekerja akan mendapatkan perlindungan. BPJS Ketenagakerjaan nantinya akan memberikan biaya rehabilitasi medis serta pelatihan kejuruan dan diharapkan pekerja itu mampu untuk bekerja kembali.


Dalam upaya pengembangan program Jaminan Kecelakaan Kerja Return to Work yang akan diterapkan pada 2015 nanti maka BPJS Ketenagakerjaan menjalin kerjasama dengan  DGUVdan GIZ Jerman. DGUVdan GIZ Jerman merupakan lembaga Institusi Jaminan Sosial Jerman yang  berhasil menerapkan program ini di Jerman dan juga sudah diakui secara internasional. Sedangkan GIZ Jerman akan memfasilitasi dan menginisiasi pengiriman dan sertifikasi internasional para case manajer BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam kerjasama ini BPJS Kesehatan akan mengirim case manajer untuk belajar langsung bagaimana cara implementasi program return to work di Jerman. Kerjasama ini merupakan pengembangan  program Jaminan Kecelakaan Kerja return to work, pelatihan para case manajer dan juga sertifikasi internasional untuk para case manajer BPJS Ketenagakerjaan. Negara Jerman sendiri dipilih karena mereka telah terbukti berhasil dalam melaksanakan program return to work.

Untuk proses sertifikasinya sendiri nantinya BPJS Ketenagakerjaan akan bekerjasama dengan National Institute of Disability Management and Research (NIDMAR) - Kanada agar BPJS Ketenagakerjaan memiliki lisensi dalam melatih case manager-nya secara internal melalui program Certified Disability Management Program yang diakui dunia.