Aplikasi Ina-cbg

Aplikasi ina-cbg adalah aplikasi yang dipakai dalam program JKN dan sudah ada sejak 1 januari 2014. Pada versi terdahulunya aplikasi ini juga sudah dipakai pada program jamkesmas di tahun 2010. 

Versi pertama dari aplikasi ina-cbg adalah versi 1.5 dan sampai sekarang sudah update sampai dengan versi 5. Dalam versi ina-cbg terbaru ini telah dikembangkan perbaikan berupa Interface, Fitur, Grouper, Penambahan variable, Tarif INA-CBG, Modul Protokol Integrasi dengan SIMRS serta BPJS, Rancang bangun Pengumpulan data dari rumah sakit ke BPJS Kesehatan dan Kementerian Kesehatan RI.

Aplikasi versi 5 ini dipakai di tahun 2016 dimana interface dan alur pengiriman data mengalami perubahan.
Aplikasi INA-CBG ini telah dipakai oleh rumah sakit dan klinik yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dalam melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Untuk dapat memakai aplikasi ina-cbg ini maka Rumah sakit, Balai dan klinik diwajibkan memiliki kode registrasi yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehataan RI. 

 
Kode registrasi merupakan kode menyatakan bawah fasilitas Kesehatan sudah terdaftar di Kementerian Kesehatan. Adapun Aplikasi INA-CBG ini dapat diperoleh secara gratis.

Untuk fasilitas Kesehatan (faskes) yang belum memiliki kode registrasi  perlu melakukan pengurusan kode registrasi secara online lewat website : yankes.kemkes.go.id di Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Setelah mendapat kode registrasi fasilitas Kesehatan diwajibkan menginformasikan kepada Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan untuk dapat dimasukkan dalam aplikasi INACBG melalui email aplikasi.inacbg@gmail.com atau dapat langsung diserahkan ke Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan untuk selanjutnya database rumah sakit akan diberikan kepada faskes melalui email atau diberikan secara langsung kepada faskes.

Setelah itu Aplikasi INA-CBG versi 5 dapat diperoleh dengan cara mengunduh secara online melalui website inacbg.kemkes.go.id pada menu download.

Selain mengunduh, aplikasi juga bisa didapatkan di Sekretariat Tim Tarif INA-CBG di Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan Lantai 14, Gdg. Prof. Suyudi Kementerian Kesehatan RI Atau bisa juga menyalin dari faskes lain yang telah memiliki aplikasi INA-CBG versi 5 secara gratis.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum rumah sakit dapat menggunakan apliasi INA-CBG vesi 5 adalah melakukan pengecekan data setup rumah sakit pada aplikasi dengan kondisi rumah sakit yang bersangkutan, beberapa hal sebagai berikut :
1. Data Tarif faskes yang tertera dalam aplikasi sudah sesuai dengan kelas faskes yang bersangkutan, dapat dilihat pada bagian kanan atas. Kelas tariff INA-CBG faskes disesuaikan dengan SK Penetapan kelas sesuai dengan peraturan yang berlaku.
2. Data regionalisasi faskes sesuai dengan peraturan yang berlaku
3. Apabila ada ketidaksesuaian mengenai 2 point tersebut diatas, faskes diwajibkan untuk melakukan pembaharuan (updating) data ke Sekretariat Tim Tarif INA-CBG melalui email aplikasi.inacbg@gmail.com atau datang langsung ke Sekretariat Tim Tarif INA-CBG.
4. Database hasil updating akan diupload melalui website inacbg.kemkes.go.id, dan rumah sakit dapat mendownload setelah mendapat feedback dari sekretariat NCC melalui email.
Setiap pembaharuan informasi mengenai sistem INA-CBG dan pendukung nya akan dipublikasikan dalam website inacbg.kemkes.go.id.

Pertanyaan dan pemecahan masalah mengenai aplikasi INA-CBG 5.0 dapat diemail ke aplikasi.inacbg@gmail.com pada Subject email diberi judul sebagai berikut :
• Perihal Updating Kelas à UPDATE_KELAS_NAMA RS_KDRS
• Perihal Penyesuaian Regionalisasi à UPDATE_REG_NAMA RS_KDRS
• Perihal Pemecahan Masalah Lain à LAIN2_APLIKASI_NAMA RS_KDRS
Contoh :
UPDATE_AP_RS NCC_123456
Mohon pada badan email dapat diberikan informasi sebagai berikut :
a. Kode faskes
b. Nama Faskes (HURUF BESAR)
c. Alamat Faskes (HURUF BESAR)
d. Kabupaten/Kota (HURUF BESAR)
e. Propinsi (HURUF BESAR)
f. Kelas Faskes
g. Regional pada tarif INA-CB